Apakah Anda membandingkan diri Anda dengan orang lain sepanjang waktu? Apakah Anda memiliki waktu yang sulit untuk mengetahui apa yang harus dipakai untuk suatu fungsi? Apakah Anda menelepon teman dan membandingkan diri Anda dengan mereka sepanjang waktu?

Jika Anda menjawab salah satu pertanyaan di atas dengan tegas, adil untuk mengatakan bahwa Anda melakukan banyak perbandingan dalam hidup Anda. Dan ini dapat menyebabkan banyak momen frustasi bagi diri sendiri dan orang lain.

Satu masalah utama dengan perbandingan adalah bahwa hal itu membuat kita merasa kurang dari diri kita sendiri. Ketika kita membandingkan, kita tidak pernah merasa kita cukup. Dan ini dapat menyebabkan banyak masalah harga diri yang akan mengikuti Anda tepat ke tahun dewasa Anda dan seterusnya.

Cara terbaik untuk menghindari perbandingan adalah dengan baik untuk tidak membandingkan. Ini bisa sulit dilakukan pada awalnya karena kita hidup di dunia yang selalu membandingkan. Bahkan sistem pendidikan kita menyoroti pentingnya perbandingan. Kami dibandingkan dengan orang lain dalam hal siapa yang lebih baik dalam tes dan subjek. Kami juga membandingkan siapa yang lebih baik dalam atletik.

Jadi, perbandingan memang ada tempatnya. Namun, kita terlalu sering menggunakannya untuk mengatakan paling tidak ketika itu memalukan setiap momen kita dan membuat kita merasa kurang dari semua rekan dan teman kita. Kebenarannya adalah kita tidak kurang dari orang lain. Kami adalah siapa kami secara unik.

Dengan kata lain, masing-masing dari kita memiliki kepribadian dan karakter yang unik. Ya, ini membuat kita semua berbeda, tetapi bukankah itu hal yang baik? Bagaimana jika dunia hanya terdiri dari satu tipe orang? Bukankah itu membosankan?

Perbandingan juga merongrong harga diri kita dari waktu ke waktu. Kita akhirnya berpikir jauh lebih sedikit dari diri kita sendiri, dan jika kita terus meniru semua yang dilakukan orang lain, kita tidak akan pernah tahu siapa kita sebenarnya. Dan akhirnya, ketika kita menjadi dewasa, kita akan menjalani kehidupan orang lain.

Ini dapat menyebabkan ketidak-autentisitas dan kurangnya makna dalam hidup Anda. Lagi pula, jika Anda menduplikasi sesuatu dari orang lain, bagaimana Anda tahu Anda melakukan apa yang benar-benar harus Anda lakukan, mengingat keyakinan dan nilai Anda? Saya kira Anda tidak. Tetapi pola pikir yang tidak pasti ini dapat menyebabkan banyak frustrasi dan ketidakbahagiaan bagi Anda di kemudian hari.

Karena itu, hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk diri Anda sendiri adalah menjalani kehidupan yang benar-benar milik Anda sendiri. Jangan membandingkan diri Anda dengan orang lain tetapi Anda tidak bisa dibandingkan dengan orang lain. Anda adalah siapa Anda, dan teman-teman serta anggota keluarga Anda adalah siapa mereka. Sama seperti kita tidak dapat mengubah siapa orang lain, mereka seharusnya tidak dapat mengubah siapa kita. Tapi kita harus mengenal siapa kita. Dan kita hanya bisa melakukannya dengan tidak selalu membandingkan diri kita dengan orang lain.

Kita semua berhak mendapatkan kehidupan yang otentik. Kabar baiknya adalah bahwa itu bisa menjadi milik kita jika kita hanya melangkah keluar dari putaran-kawin perbandingan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *