[ad_1]

Berarti

Mereka yang tertarik pada saham perusahaan umumnya telah menerima aturan mayoritas. Namun ada beberapa hak di hukum bahwa minoritas harus diperlakukan adil dan melindungi hak-hak individu.

Definisi-

Pemegang Saham Kecil: A SH yang memegang saham dengan nilai nominal rupee 20000 atau jumlah lainnya seperti yang ditentukan.

Pemegang Saham Minoritas: Pemegang saham dari suatu perusahaan yang tidak memiliki kendali pemungutan suara dari perusahaan, berdasarkan kepemilikannya di bawah 50% dari modal ekuitas perusahaan.

Objektif-

Tujuan utama dari kebijakan ini adalah untuk melindungi hak-hak pemegang saham minoritas & menjaga mereka tetap diperbarui tentang hak dari waktu ke waktu & juga mengawasi komite hubungan SH yang memecahkan keluhan dari pemegang minoritas untuk menghindari diskriminasi.

Hak Pemegang Saham Minoritas-

1 Pemegang saham minoritas bahkan menikmati banyak hak, termasuk hak untuk penunjukan seorang direktur.

2 Dalam pengambilan keputusan dan itu harus dianggap sebagai arah independen, mereka juga memiliki hak untuk mengajukan permohonan ke pengadilan ketika mereka menemukan gangguan manajemen konduksi yang mempengaruhi minat kelas mereka.

3 Satu lagi hak yang penting adalah berkenaan dengan rekonstruksi dan amalgamasi; mereka telah memberikan hak untuk membuat penawaran kepada pemegang saham mayoritas untuk membeli saham pemegang saham minoritas.

Perbandingan Perusahaan bertindak 1956 dengan amandemen undang-undang 2013 yang baru

Keputusan demokratis dibuat sesuai dengan keputusan mayoritas dan selalu dianggap adil dan dibenarkan sementara itu membayangi keprihatinan minoritas. Meskipun ketentuan fakta telah dibuat di CA 1956 dalam konteks minoritas, mereka tidak mampu mengambil keuntungan apa pun dari kedepan mereka untuk melindungi minoritas dari perampasan CA 2013 telah diperkenalkan.

Ini menghasilkan perubahan permainan dalam pergumulan antara minoritas dan mayoritas. Ini pada dasarnya bekerja sebagai menjembatani kesenjangan antara dua & mengarah pada kesejahteraan pemegang saham minoritas.

Hak-hak minoritas ditingkatkan sebagai:

1 ketentuan gabungan untuk bantuan yang terkait dengan penindasan & salah urus:

Sec 397 & 398 dari CA 1956 berbicara tentang penindasan & kesalahan manajemen. itu memberikan bantuan untuk salah urus dan bukan untuk penindasan: ada untuk Sec 241 CA 2013 menggabungkan baik penindasan & salah urus.

2 Dikatakan bahwa menurut Sec 245 CA 2013 tidak hanya anggota tetapi deposan atau kelas mana pun dari mereka dapat mengajukan permohonan sebelum pengadilan dalam hal apa pun.

3 Class Action – Itu diperkenalkan di CA 2013 yang menyediakan class action untuk dilembagakan terhadap perusahaan serta auditor dari Co. Ini tidak hanya memberdayakan SH tetapi juga deposan.

4 Untuk mengkonversikan singkat datang dalam konteks untuk rekonstruksi & amalgamation CA 1956 CA 2013 diperkenalkan.

5 Minoritas ungraded – Selain semua perubahan CA 2013 telah berusaha untuk memberdayakan minoritas SH dalam pengambilan keputusan & menjaga kepentingan minoritas SH melalui penunjukan arah independen.

Kesimpulan –

Dengan demikian menjaga kedua Acts 1956 & 2013 dapat disimpulkan bahwa perubahan yang diusulkan sangat berguna bagi kaum minoritas. Namun itu tidak hanya membutuhkan implementasi yang tepat pada lacunae saat ini tetapi juga membutuhkan kepercayaan minoritas, namun rekomendasi tindakan baru dapat terpuji.

[ad_2]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *