[ad_1]

Global Positioning System (GPS) adalah sistem navigasi satelit global. Sistem GPS dibuat oleh United Statement Department of Defence. Didirikan pada tahun 1973 untuk menghasilkan sistem navigasi yang lebih baik yang akan menggantikan sistem navigasi sebelumnya.

Penerima satelit normal membandingkan sinyal yang dikirim dari satelit ke salinan sinyal yang sama yang dihasilkan secara internal. Penerima harus menunda sinyal agar keduanya cocok. Penundaan adalah waktu bagi sinyal untuk menerima sinyal dan dapat digunakan untuk menentukan jarak dari satelit.

Keakuratan pengukuran didasarkan pada kemampuan elektronik penerima secara akurat membandingkan dua sinyal. Umumnya, penerima dapat menyelaraskan sinyal ke sekitar 1% dari satu bit. Ini berarti penerima menjadi akurat dalam 0,01 mikrodetik karena sistem GPS mengirim sedikit setiap 0,98 mikrodetik. Dalam hal jarak, ini akurat hingga 3 meter. Namun, efek lain memperkenalkan kesalahan dan keakuratan sinyal yang tidak dikoreksi adalah sekitar 15 meter.

Kinematika real time (RTK) didasarkan pada penggunaan pengukuran fase pembawa sinyal GPS di mana stasiun referensi tunggal menyediakan koreksi real-time. Ini memungkinkan akurasi hingga sentimeter. RTK juga dapat digunakan dengan GLONASS Rusia, Kompas China, atau Galileo Uni Eropa. Carrier-Phase Enhancement atau CPGPS adalah nama umum lain untuk RTK GPS.

Sistem RTK menggunakan stasiun pangkalan tunggal bersama dengan unit seluler. Stasiun pangkalan menyiarkan kembali fase pembawa yang diukurnya. Unit ponsel membandingkan pengukuran fase mereka sendiri dengan yang diterima dari stasiun pangkalan. Ini memungkinkan unit untuk menghitung posisi relatif mereka ke ketepatan milimeter. Namun, akurasi mutlak hanya seakurat posisi stasiun pangkalan. Biasanya, ini memungkinkan untuk akurasi 1 sentimeter secara horizontal dan 2 sentimeter secara vertikal.

Karena koneksi stasiun pangkalan diperlukan untuk presisi, RTK memiliki kegunaan terbatas untuk navigasi umum. Namun, ini sempurna untuk survei. Stasiun pangkalan terletak di lokasi yang disurvei yang diketahui. Unit bergerak yang terhubung ke stasiun pangkalan kemudian dapat menghasilkan peta yang akurat dengan melakukan pengukuran relatif terhadap titik tersebut.

GPS statis cepat adalah salah satu teknik GPS paling akurat. Minimal dua penerima GPS diperlukan. Satu penerima selalu berada di stasiun kontrol sementara yang lain dipindahkan secara progresif dari satu titik ke titik berikutnya. Sesi dilakukan untuk setiap titik, tetapi waktunya lebih singkat daripada untuk survei statis. Data GPS mentah dicatat terus-menerus dan setelah diproses kemudian menggunakan perangkat lunak pemrosesan data GPS.

[ad_2]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *