Sepertinya ada banyak hype akhir-akhir ini tentang pot tanah liat dan memasak di tanah liat. 100% cookware tanah liat murni tidak beracun, belum lagi rasa kaya yang Anda dapatkan dengan memasak di tanah liat. Namun, tampaknya juga ada perbedaan yang sangat drastis antara cookware tanah liat glasir dan tanpa glasir yang bertentangan dengan naluri siapa pun yang mempertimbangkan glasir sebagai tidak lebih dari pelestarian untuk pot.

Banyak merek yang menggembar-gemborkan peralatan masak tanah liat mereka sebagai peralatan masak paling aman. Namun ini tidak sepenuhnya benar! Inilah alasannya:

Glaze adalah Toxic

Clay atau tidak, ketika peralatan masak dilapisi, Anda dapat mengucapkan selamat tinggal pada manfaat fitur peralatan masak yang tidak beracun. Bahan baku yang digunakan dalam glasir[1] (lihat catatan kaki) terdiri dari 35 hingga 200 atau lebih bahan berbeda yang tidak kurang dari racun bagi kita dan lingkungan, itulah mengapa itu dianggap beracun jika dikonsumsi atau dituangkan ke wastafel. Timah, seng, tembaga, klorin, dan belerang, untuk beberapa nama.

Seluruh tujuan menggunakan peralatan masak tanah liat adalah untuk memiliki kapal yang alami dan sehat untuk memasak hidangan Anda, yang tidak akan menjadi masalah lagi jika Anda pergi untuk yang glazur.

Glazing Membatalkan Sifat Unik Alat Masak Tanah Liat

Salah satu aspek yang paling dihargai dari panci dan wajan tanah liat adalah bahwa ia memasak makanan seperti pengukus tanpa membuat makanan menjadi basah. Ini karena kelembaban dan panas dalam pot tanah liat beredar selama proses memasak karena pot agak berpori. Itulah yang disebut oleh banyak koki sebagai masakan "halus".

Hal hebat lain dari jenis peralatan masak ini adalah tanah liat memiliki kemampuan untuk berinteraksi dengan tingkat keasaman dalam makanan dan menetralisirnya untuk memastikan keseimbangan pH yang baik. Misalnya, saus tomat awalnya akan sangat asam, tetapi ketika dimasak dalam pot tanah liat, itu akan mengambil beberapa kemanisan alami. Beberapa orang bahkan minum kopi dari mug tanah liat untuk alasan yang sama.

Panci kaca tidak dapat memberikan manfaat unik ini, satu-satunya kemampuan yang dapat mereka pertahankan dari semua keuntungan tanah liat adalah menyerap panas secara merata, tetapi bahkan pot tanpa glasir yang terbuat dari 100% tanah liat murni atau primer dapat melakukannya. Itu bukan alasan utama mengapa Anda akan membeli peralatan masak yang terbuat dari tanah liat. Anda ingin mereka terutama karena manfaat kesehatan yang mereka berikan.

Pot Tanah Liat Tidak Bergoda Adalah Hal Nyata

Jika apa yang Anda cari adalah panci masak yang memastikan tidak ada racun atau logam yang bereaksi atau merembes ke dalam makanan Anda, maka peralatan memasak tanah liat murni tanpa glasir adalah jawaban untuk kebutuhan Anda. Mengapa Anda bahkan ingin menambahkan kaca itu? Jika Anda khawatir tentang jangka hidup panci atau bagian bawah panci Anda, maka cukup pastikan Anda mengikuti instruksi pabrik untuk penggunaan dan perawatan pot yang tepat.

Sebagai alternatif, Anda dapat memilih pot tanah liat dengan finishing terra-sigillata, yang lebih mudah dibersihkan dan digunakan DAN tidak perlu direndam sebelum memasak. Ini bukan glasir, tetapi finishing alami yang melibatkan setiap pot yang sedang digosok tangan dengan tanah liat murni lagi sehingga membuatnya menjadi peralatan masak paling aman.

[1]Bahan dalam glasir: Bahan baku yang digunakan dalam glasir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *